Rabu, 21 November 2012

Macam-macam dan Fungsi RNA

Macam-macam dan Fungsi RNA - Berdasarkan tempat terdapat dan fungsinya, RNA dibedakan menjadi RNA m (RNA messenger), RNA r (RNA ribosom), dan RNA t (RNA transfer). 

1) RNA m (RNA messenger) 

RNA m disebut juga RNA duta (RNA d) atau RNA kurir. Menurut Francois Jacob dan Monod (1961), setelah RNA dibentuk oleh DNA di dalam inti, RNA m membawa cetakan-cetakan ke sitoplasma dan bergerak di atas ribosom. RNA m menempatkan kode genetik berupa 3 urutan basa nitrogen kodon-kodonnya berturut-turut di ribosom untuk menyusun asam amino. RNA m ini dibentuk pada saat sel hendak melakukan sintesis protein. Macam RNA m yang dibentuk oleh DNA tergantung jenis protein yang akan disusun. Oleh karena itu, RNA m ini dapat ditemukan di dalam inti sel dan di sitoplasma. RNA m merupakan molekul untaian tungal. RNA m ini membawa informasi genetik dari DNA ke ribosom. 

2) RNA r (RNA ribosom) 

RNA r dibentuk dari prekusor yang disebut RNA pra ribosom, mempunyai berat molekul sekitar 2 juta, dan merupakan molekul paling besar dibandingkan RNA m dan RNA t. RNA ribosom mengandung 50 – 2.000 asam amino. Bersama-sama dengan protein, RNA ini akan membentuk struktur ribosom yang mengatur proses translasi. 

3) RNA t (RNA transfer) 

RNA t disebut RNA pemindah dan merupakan RNA yang terpendek. Fungsi RNA t adalah menerjemahkan kode-kode ( kodon) yang dibawa oleh RNA m. Hasil terjemahan ini berupa deretan basa nitrogen yang sesuai dengan kodon yang ada pada RNA d atau RNA m. RNA t membawa pasangan kodon pada RNA m, sehingga disebut antikodon (Gambar 1.1). RNA t juga membawa asam amino yang sesuai dengan kodon- kodon RNA d atau RNA m.

Bagian-bagian-t-RNA
Gambar 1.1. Bagian-bagian t RNA

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar